PEMANFAATAN MEDIA TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik dimulai dari sekolah dasar, tujuannya adalah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,kritis dan kreaktif

Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.Misalnya apa yang ada di alam bisa dijadikan media pembelajaran matematika sebagai contoh lidi dari daun kelapa.Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa lidi kelapa tidak ada kaitannya dengan matematika,tapi dalam kasus ini lidi kelapa kalau dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pembelajaran matematika maka ia akan sangat membantu proses pembelajaran,misalnya lidi kelapa tersebut dapat dijadikan alat hitung dalam mengerjakan soal-soal matematika.Ini terbukti,sejak dulu anak-anak di desa yang kurang mampu menggunakan lidi kelapa sebagai alat hitung pengganti sampoa.

B.Fungsi Lidi Sebagi Media Belajar

Fungsi media lidi disini adalah untuk mempermudah anak-anak SD dalam berhitung,baik perkalian,pembagian,penjumlahan,dan pengurangan,selain itu media lidi dapat juga dibentuk berbagai bentuk bangun datar seperti,persegi,segitiga,dan lain-lain.

C.Manfaat Lidi Sebagai Media Belajar

Dengan menggunakan media lidi siswa dapat belajar sambil bermain, proses belajar mengajar menjadi menarik, siswa menjadi tidak bosan terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru dan siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.

D.Contoh dan Cara Penggunaan Lidi Sebagai Media Pembelajaran

  • Penggunaan lidi dalam menjelaskan dan memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.

Misalnya sebagai contoh gambar dibawah ini adalah salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.Dimana gambar dibawah ini menunjukan perkalian 4 x 5,yang sama artinya 5 + 5 + 5 + 5

 Cara penggunaan media lidi untuk menghitung perkalian 4 x 5 di atas yaitu :

1)      Siswa harus menyiapkan lidi yang telah dipotong dengan ukuran kira-kira 10 cm

2)      Ambilah potongan lidi tersebut sebanyak lima batang,lalu jadikan  satu kelompok

3)      Selanjutnya lakukan pengambilan potongan lidi seperti diatas sebanyak 4 kali

4)      Untuk mendapatkan hasil perkalian tersebut siswa hanya perlu menjumlahkan semua batangan lidi tersebut.

  • Penggunaan lidi dalam memahami materi tentang mengenal bentuk-bentuk bangun datar.

Selain untuk berhitung lidi juga bisa disusun menyerupai bangun datar,misalnya persegi.Cara membuatnya yaitu :

1)      Siapkan lidi yang dipotong sebanyak 4 batang,dengan ukuran yang sama.

2)      Susunlah lidi tersebut hingga menyerupai bangun persegi.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Jadi dapat disimpukan, media pembelajaran matematika tidak harus benda yang mahal dan modern,benda yang tidak berguna sekalipun bisa dijadikan media pembelajaran matematika,seperti lidi yang merupakan media belajar yang tradisional.

About these ads

One response to “PEMANFAATAN MEDIA TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s